Pages

topbella

Sabtu, 09 Februari 2013

Sejarah Internet



Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh departemen pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Proyek ARPANET sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan empat situs saja yaitu Stanford Research Institute, Iniversity of California santa barbara, University of Utah dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan oktober 1972.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu “MILNET“ untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, Universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA internet, yang kemudian disederhanakan menjadi internet.                      
Tahun kejadian 1957 Uni Soviet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik. 1962 J.C.R Licklider menulis sebuah visi dimana komputer-komputer dapat saing dihubungkan antara satu dengan lainnya scara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Pada tahun ini juga RAND Corporation melalui riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yg ditunjukkan untuk tujuan militer. Tahun 1977 sudah ada 111 sebuah komputer yang telah terhubung ke ARPANET. Tahun 1979 grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan university of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis. Pada tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin MeKenzie. Tahun 1986 diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat dijaringan komputer.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

 
Mengejar harapan© DiseƱado por: Compartidisimo